Artikel

Posted by : Moch Ristra Mahardinata Minggu, 18 Januari 2015

Leopard Gecko Caresheet


1) HISTORY LEOPARD GECKO:
Leopard gecko adalah reptile yang berasal dari Pakistan, India dan Iran. leopard gecko merupakan salah satu reptile yang mudah dipelihara dan di ternak. Warnanya pun menarik banyak morph(jenis) nya. nama lainnya EUBLEPHARIS macularius.

2) kandang / tempat yang baik untuk leopard gecko:
anda bisa pakai aquarium 20 galon tetapi jika anda ingin praktis anda juga bsa menggunakan box/container, untuk yg sudah dewasa bisa pakai box yg berukur 1,5 x 1 jengkal orang dewasa.
contoh aquarium

contoh container

3) alas / substrat yg baik untuk leopard gecko:
alas ada bbrp macam:
-koran/ kertas/tissu: keunggulannya jika sudah kotor bisa langsung dibuang
-dolomit/zeolite: jika ada kotoran bisa langsung di serok dan dibuang juga untuk menyerap bau
contoh: 

khusus baby yang baru netas bisa pakai tissu yang di lembabkan sampai baby tersebut sudah bisa makan lancar (+- 1bulanan)

4) pemberian pakan yang baik untuk gecko
yang sering di berikan ke LG adalah JANGKRIK & ULAT HONGKONG yang bisa dibeli di penjual unggas (burung).
pemberian pakan kepada LG yg sudah dewasa berbeda-beda tergantung sifat gecko tsb ada yang rakus juga ada yang pola makannya sedikit, namun normal 3-5jkk/hari
untuk baby LG yang baru menetas beri makan setelah pup pertama / shedding(ganti kulit) pertama ukuran  jkk nya pilih yang paling kecil (seukuran  kepala baby tsb) baik 3jkk/hari.

5) perkembang biakan
untuk betina tanda siap kawin adalah ovulasi ditandai bulat merah diperutnya, biasa nya jika menjelang ovulasi pola makannya menurun sampai dikawinkan baru pola makan Betina tsb kembali normal


untuk jantan ditandai dengan birahi juga sama gejala tidak mau makan

setelah seperti ini jadikan satu ditempat yg beralaskan tissu/koran/dsb, mengapa harus? jika memakai dolomit suka terjadi infeksi pada alat kelamin jantan sehingga kelamin jantan tidak bisa masuk kembali. setelah dijadikan satu, buntut pejantan akan bergetar dan menggigiti betina nya jika betina nya tidak melawan berarti pasangan tersebut kawin dengan baik kalau betina nya melawan segeralah pisahkan kembali. setelah beberapa lama maka jantan akan me LOCK betina


Setelah seperti itu pisahkan kembali jantan dan betina nya, siapkan laying box (tempat bertelur) dikandang betinanya. laying box tersebut berisi cocopeat. cara membuat laying box:sediakan cocopeat yang dilembabkan klik& container yang sudah dilubangi contoh nya seperti ini
6) TELUR
setelah dikawinkan biasa nya gecko betina 2 minggu kemudian akan bertelur untuk clutch yg pertama. ditandai dengan tidak mau makan, cocopeat pada laying box berantakan itu tandanya si betina mau bertelur. keesokan hari nya badan betina terlihat kurus itu tanda nya si betina sudah mengeluarkan telur nya.

yang anda harus lakukan setelah keluar telur adalah buka wadah laying box setelah itu cari telur nya perlahan-lahan. setelah anda menemukannya anda tidak perlu takut jika telur terputar/terbolak balik karena tidak akan mempengaruhi telur tersebut. setelah seperti ini kita diamkan dulu telur nya, sekarang kita menyiap kan wadah inkubasi telur nya, siap kan vermiculite dan kontainer bening yang memiliki tutup rapat. cara:  taruh vermiculite (+- 5 genggam) dibaskom siram dengan air mineral lalu ambil dan peras vermiculite tsb tidak mengeluarkan air lagi lalu taruh di wadah kontainer bening lakukan berlulang" hingga 1/4 kontainer bening tersebut terisi vermi lembab lalu masukanlah telur yang tadi sudah diambil ke kontainer inkubasi tsb seperti ini


 ketika sudah seperti itu tutup rapat dan taruh ditempat yang hangat disudut rumah anda (Suhu konstan) /  anda bisa membeli inkubator khusus untuk reptile.

7) TELUR MENETAS
setelah 35 - 60 harian telur tersebut akan menetas biasa nya yang menetas sekitar 35-40 akan berkelamin laki-laki karena dipengaruhi suhu dengan temperatur yang lebih hangat. dan yang wanita 45-60 hari biasanya.
tetapi teori ini tidak berlaku pada gen SNOW



8) PERAWATAN BAYI DARI MENETAS
setelah baby tersebut menetas siapkan lah container box yang beralas kan tissu lembab dan tersedia minuman dan kalsium khusus leopard gecko terlebih dahulu dan masukan lah baby tersebut ke tempat yang telah disiapkan. setelah 4 hari kemudian baby tersebut akan pup untuk pertamakali nya / dia akan shedding setelah seperti ini barulah kita dapat beri mereka makan. ingat makanan yg diberikan misalkan jangkrik berilah jangkrik dengan ukuran yang sangat kecil tidak melebihi ukuran kepala baby gecko tsb / supaya lebih gampang bisa diberi ulat hongkok yang di tempakan di food dish leopard gecko.
setelah baby tersebut tumbuh sekitar 2 minggu dan sudah bisa makan lancar. boleh diganti alas nya menjadi dolomit.

untuk lebih lengkapnya tentang perawatan Leopard Gecko silahkan download ebook berikut ini


NB : penjelasan leopard gecko dari Toph Geckos

{ 1 komentar... read them below or add one }

- Copyright © === ReptileJAM === - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -