Artikel

Posted by : Moch Ristra Mahardinata Sabtu, 22 Oktober 2016

Silahkan sms ke 085733020702 / BBM D21B0C14

Kecoa Dubia merupakan salah satu jenis kecoa berukuran besar. Kecoa ini dikategorikan sebagai serangga dengan sexual dimorphic (terdapat perbedaan bentuk antara jenis kelamin jantan dan betina). Binatang ini berwarna coklat atau juga hitam.

Setelah tumbuh dengan sempurna kecoa jantan berukuran kurang lebih 4 cm, dan betina dapat mencapai lebih dari 4.5 cm, anakan dari kecoa ini berukuran kurang lebih 0.5 cm. Blaptica Dubia dapat hidup sampai dengan kurang lebih 2 tahun.

Habitat asli kecoa ini berada di daerah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Hanya kecoa jantan yang memiliki sayap, namun sayap ini tidak dapat digunakan untuk terbang. Apabila kecoa ini terlepas dari kandangnya, kecoa tidak dapat hidup atau pun berkembang biak, karena mereka harus tetap berada di tempat yang lembab dan hangat.
Blaptica Dubia tidak mengeluarkan suara seperti jangkrik, sehingga tidak mengganggu apabila diternakan di dalam rumah. Selain ini kecoa ini juga tidak dapat memanjat karena bentuk kaki mereka yang berbeda dengan kecoa pada umumnya. Kecoa jenis ini juga tidak berbau sehingga tidak akan merusak kenyamanan di rumah anda.

Pemeliharaan kecoa jenis ini memang sedikit lebih mahal pada tahap awalnya, namun setelah koloni kecoa tumbuh dan berkambang dengan baik dan sehat, mereka dapat menjadi sumber pakan yang lebih stabil karena berumur panjang dan mudah dipelihara. Dan menjadi investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan, menghemat biaya untuk pembelian serangga sebagai pakan.

Blaptica Dubia merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk peliharaan anda, hal ini dikarenakan perbandingan sheel to meet rasio yang mereka miliki. Hal ini memudahkan peliharaan anda dalam mencerna makanan, karena sedikitnya jumlah lapisan keras dari kecoa dubia. Dubia memiliki kandungan 36% protein sementara jangkrik hanya memiliki 18.5% protein. Secara kandungan 1 dubia memiliki jumlah nutrisi setara dengan kurang lebih 7 jangkrik. 
Kecoa jenis ini juga dapat dengan mudah di gut load dan nutrisi dari gutload dapat bertahan lebih lama di tubuh kecoa. Secara garis besar blaptica dubia bisa disebut sebagai salah satu sumber protein terbaik dibandingkan dengan jenis serangga lainnya.


Keunggulan Kecoa Dubia

Berikut Ini Adalah Keunggulan Dari Kecoa Dubia Adalah Sebagai Berikut :
·         Berbadan Lunak
·         Mudah dipelihara
·         Berumur panjang (1,5-2 tahun)
·         Tidak mudah mati seperti jangkrik
·         Mudah di breed (Sekali beranak, betina dapat menghasilkan 20-45 ekor nymph (anakan kecoa))
·         Tidak berbau
·         Tidak bisa terbang
·         Bergizi tinggi, kangsungan protein dan meat to shell rationya lebih tinggi dari jangkrik
·         Sangat mudah untuk di gutload, sehingga reptil anda mendapatkan makanan yang bergizi
·         Cukup diberi makan berupa voor ayam, sayur-sayuran, dog food/cat food (dihaluskan)
·         Diberi wadah air minum / dengan cara menyemprotkan air ke kandang dengan spray

Kecoa yang paling tahan terhadap radiasi ini tidak bersayap. Hal ini jangan membuat anda lengah. Walaupun dia tidak bisa terbang, namun kecoa ini dapat merayap keluar kandang. Untuk itu, sebaiknya anda menyiapkan sebuah ram kawat pada bagian atas tetarium sebagai penutup kandang. Anda juga bisa mengolesi seluruh sisi tetarium bagian atas dengan cairan lilin. Cairan lilin ini berfungsi sebagai pelicin sehingga kecoa tidak bisa dengan mudah merayap ke atas tetarium.

Jika Anda menginginkan warna pada ikan atau reptil yang anda miliki lebih atraktif, jangan ragu mencoba memberikan kecoa ini sebagai pakannya. Apalagi sebagai pakan, kecoa ini tidak pelu dilakukan perlakuan tambahan. Anda tinggal memberikan langsung ke ikan atau reptil anda.
Sebetulnya sangat mudah untuk membudidayakan kecoa Dubia karena kecoa Dubia dapat bertahan hidup 1.5 - 2 tahun lamanya dan tidak mudah mati seperti jangkrik

untuk persiapan pembudidayaannya, yang kita perlukan yaitu:
1. Kontainer Plastik

Untuk pembudidaya skala besar, saran saya gunakan kontainer plastik yang ukuran besar atau 90liter karena perkembang biakan kecoa Dubia juga lumayan cepat. Sekali beranak bisa sampai 20-40 nymph(anak kecoa yang baru lahir)
2. Tatakan Telur


Untuk memperluas wilayah kandang, umumnya menggunakan tatakan telur karena kecoa Dubia jantan sangat agresif apabila ada kecoa Dubia jantan lain memasuki wilayah teritorialnya dan dapat menyebabkan perkelahian mekipun itu tidak menyebabkan kematian.

3. Makanan & Minuman
Makanan kecoa Dubia sangatlah bervariasi, umumnya menggunakan pur ayam/pelet ayam, buah - buah an, sayuran segar, dkk. Kalau ingin kecoa Dubia diberikan sebagai pakan reptil kesayangan anda, silahkan berikan makanan yang memenuhi asupan gizi reptil anda pada kecoa Dubia yang anda budidayakan. Istilah ini biasa disebut "gutload".Karena tidak semua reptil suka makan sayuran/buah yang kandungan gizinya dibutuhkan oleh reptil tsb. Intinya: Sayur/buah->Kecoa Dubia-> Reptil anda makan Sayur/buah + Kecoa Dubia
Sedangkan minumnya, cukup beri wadah diisi dengan kapas biasa/kapas filter aquarium supaya nymph kecoa Dubia tidak mati tenggelam pada saat ingin minum

Harga Kecoa Dubia
Harga Kecoa Dubia di Indonesia pun bervariasi mulai dari 25.000 Rupiah sampai dengan 30.000 Rupiah untuk per ekornya, Sungguh sangat tidak wajar bukan ?!. 
yang kami jual adalah kecoa dewasa atau siap produksi berumur 4-6 bulan.
Berikut Harga Kecoa Dubia Yang Kami Tawarkan Untuk Anda :
·         Harga pembelian per pasang Kecoa Dubia 1 pasang : Rp 25.000 (1 Jantan + 1 Betina)
·         Harga pembelian Kecoa Dubia 5 pasang : Rp 100.000 (5 Jantan + 5 Betina)
·         Harga pembelian Kecoa Dubia 10 pasang : Rp 200.000 (10 Jantan + 10 Betina)
Untuk Detail Informasi Pembelian, Pemesanan dan Seputar Tata Cara Ternak dan Budidaya Transaksi Kecoa Dubia, Silahkan Anda Hubungi kontak yang Tertera pada website ini. Terima Kasih. . .

silahkan sms ke 085733020702 / BBM D21B0C14

 : penjelasan kecoa Dubia dari berbagai sumber

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. mas mau nanya dong beda nya sama kecoa madagaskar apa ya? sama lebih baik mana gizi nya buat pakan? makasih mas.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. buat pakan ikan, reptil, atau mamalia pemakan serangga

      Hapus

- Copyright © === ReptileJAM === - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -